Home » » Mengenal Camtasia–Merekam Layar (record full screen)

Mengenal Camtasia–Merekam Layar (record full screen)

Written By Muhammad Ali Husein on Minggu, 16 Maret 2014 | 06:52

Tutorial ini menjelaskan dasar penggunaan camtasia untuk proses
  • Recording (merekam)
  • Editing (penyuntingan)
  • Producing (memproduksi)

mari kawan, kita mulai merekam video tutorial kita Open-mouthed smile, pada tutorial ini saya akan menunjukkan bagaimana cara merekam seluruh layar dengan narasi audio. oh iya kawan, saya membuat tutorial ini dengan menggunakan Camtasia yang berjalan pada Windows 7.
untuk memulai menggunakan Software Camtasia Studio klik menu start dan ketik camtasia studio kemudian enter

image
muncul Camtasia Studio dengan welcome screennya, di welcome screen ini ada 4 shortcut yang bisa digunakan untuk memulai projek yaitu merekam layar, merekam narasi, merekam powerpoint, dan mengimport media. Jika anda tidak menghendaki tampilnya welcome screen anda bisa bisa mencentang opsi agar tidak muncul lagi setiap membuka camtasia. untuk kali ini klik close Welcome Screen untuk menutupnya
SNAGHTML5562aa
Camtasia Studio membuka lembar kerja editing, pada kiri atas klik menu Record the Screen untuk merekam layar
image
Camtasia Studio menjadi dalam mode minimize dan muncul camtasia recorder, pada pengaturan default camtasia recorder siap merekam seluruh layar dengan mode Full Screen dimana area yang akan direkam ditandai dengan garis putus putus berwarna hijau
image
Pada tutorial ini, kita fokus merekam dengan audio, aktifkan menu Audio dengan mengkliknya. tanda ‘enable’ menu audio ditandai dengan tanda cek berwarna hijau
image
Untuk mengatur audio mana yang direkam (mikrofon atau suara yang muncul dari speaker komputer/laptop) klik tanda segitiga mengarah ke bawah untuk membuka menu, pilih audio input dengan mencentangnya.Untuk memilih input audio dari mikrofon pilih Microphone, jika menginginkan merekam audio yang keluar dari speaker laptop atau komputer centang Record system audio, pada tutorial ini buang tanda centang pada Record system audio agar audio yang berjalan pada sistem tidak ikut terekam atau hanya mikrofon yang terekam
image
Untuk memeriksa apakah mikrofon sudah bisa terekam atau belum silahkan berbicara dan perhatikan informasi level suara, anda bisa mengubah slider ke kiri ke kanan untuk mengatur level suara yang masuk.
image
Sebelum menekan tombol merah Rec, terlebih dahulu tampilkan software yang akan kita demokan (rekam) di desktop, pada contoh tutorial ini yang direkam adalah Mozilla Firefox yang membuka website bakoeltutorial.blogspot.com. Setelah membuka klik tombol Rec untuk memulai merekam atau dengan menekan tombol F9 di keyboard
image 

Kemudian muncul hitungan 3 detik pada layar dan mulailah mendemonstrasikan tutorial, semua yang terjadi pada layar dan apa yang masuk pada mikrofon akan terekam.

image
Setelah demonstrasi tutorial dilakukan maka saatnya menghentikan rekaman, Untuk menghentikannya tekan F10 pada keyboard, Camtasia Recorder membawa anda pada jendela preview hasil dari rekaman video yang baru saja dilakukan. untuk melihat tampilan priview semuanya tekan Shring To Fit agar menjadi View 100%, namun gambarnya akan semakin kecil, jika menginginkan melihat preview dengan kualitas asli kembalikan dalam mode Shrink to fit. Klik Save to Edit untuk menyimpan

SNAGHTMLf2f220

Saatnya menyimpan hasil rekaman kawan Open-mouthed smile, saya menyarankan membuat folder untuk setiap projek anda, seluruh hasil rekaman video anda untuk satu projek simpan pada folder tersebut, jangan lupa memberikan nama file hasil rekaman sebagai informasi isi rekaman video, akhirnya klik save untuk menyimpan

image
Setelah menyimpan hasil rekaman video, Camtasia Studio muncul secara otomatis dengan bahan rekaman yang baru saja disimpan, hasil rekaman berada di Clip Bin dan siap diedit di Timeline. Selamat mencoba Winking smile

SNAGHTMLa3561e

40 komentar:

  1. Gan, saya ngerekam tapi kok hasilnya patah patah ya? apa karena kurangnya spek komputer saya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. pentium 1 133 memori 64 hdd 2 gb
      pakai windown 95
      wkwkwkwkkkkkkk

      Hapus
  2. gan kalau waktu mau merekam itu error gak bisa merekam gimana tuh ??

    BalasHapus
    Balasan
    1. boleh tahu errornya seperti apa? barangkali bisa di print screen kan

      Hapus
  3. Gan, idealnya untuk merekam desktop dengan camtasia spec komputernya gimana ya ? saya udah coba tapi hasilnya juga patah2, tidak smooth. apakah ada setingan khusus di camtasianya atau perlu spec nya.

    terlampir capture spec komputer saya di link ini http://prntscr.com/7d333e

    mohon bantuannya gan

    BalasHapus
    Balasan
    1. kelihatannya spek komputer anda sudah mumpuni.. coba seting pengaturan frame rate.. saya menggunakan core 2 duo RAM 4 GB win 7 saja sudah mulus jalannya. atau make komputer athlon 7750 2 GB DDR2 juga sudah lumayan bagus. coba cek frame rate di spek komputer anda

      Hapus
  4. gan ko saya mau ng rekam ga ada pilihan "Record system audio" yang bisa d centang. alhasil saya ng rekam ga ada suaranya? mohon bantuan nya

    BalasHapus
    Balasan
    1. boleh di sprint screen kan ? atau aktifkan dulu microfon melalui control panel.. barangkali microfon untuk recording masih disable

      Hapus
  5. Gan,saya juga punya masalah saat merekam tidak ada suaranya nya saat diputar.saya menggunakan camtasia 6.0 gan
    Mungkin ada solusi dari agan.
    Balas ke sini ya gan
    santinur079@gmail.com

    BalasHapus
  6. apakah sudah menseting dulu di control panel? bahwa dari microfon aktiv untuk melakukan rekaman?

    BalasHapus
  7. saya merekam tapi hasilnya di video itu kursor nya malah gk ada..
    mohon penjelasannya gan?..

    BalasHapus
    Balasan
    1. di camtasia studio. masuk cursor effect trus centang mouse cursor visible

      Hapus
    2. Tetep gabisa ganti, ada bacaan contains no cursor data, itu gmna,?

      Hapus
    3. No Cursor data, coba masuk preference save hasil recording dengan format camtasia jangan avi

      Hapus
  8. Gan habis rekam kok sebagian video nya hitam ya kenapa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maksudnya hitam gimana gan?
      boleh tahu print screent nya?

      Hapus
  9. Gann saya udah ngrekam dan berhasil cuma hasilnya video nya itu ngezoom sendiri mengikuti arah kursor padahal saya maunya full screen saat record . . Mohon solusinya gann. . Thanks

    BalasHapus
  10. gan ane pake camtasia 6, buat record game euro truck simulator tpi kenapa hasilnya hitam semua ya ?? kalo suaranya ada gan cuma layarnya hitam semua .. terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau dibuat rekam bukan game apakah juga mengalami black screen?

      Hapus
  11. gan saya merekam tapi hasil remakannya kecil. kenapa ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. maksudnya kecil apanya pak? dimensi? ukuran file?

      Hapus
  12. GAN CAMTASIA INI BISA MEREKAM GAME 3D GAK SEPERTI BANDICAM.

    BalasHapus
  13. Gan waktu saya nge record game kok warnanya putih tp suaranya msh bisa di dengar.ini masalah di spek pc nya atau di setingannya?

    BalasHapus
  14. Gan waktu saya nge record game kok warnanya putih tp suaranya msh bisa di dengar.ini masalah di spek pc nya atau di setingannya?

    BalasHapus
  15. Klo saya rekam, hasilnya kursor gk jalan dan gmbarnya macet. Cma suara aja yg ada, gmn tuh gan?

    BalasHapus
  16. gan waktu saya merekam game kok hasil rekamannya layarnya hitam, tapi suara gamenya ada cuma hasil rekamannya aja yg hilang?

    BalasHapus
  17. gan ,, ane rekam game, tapi cuma ada suaranya aja
    Blackberry sreen gan,, cuma ada suara nya aja

    BalasHapus
  18. Gan saat saya merekam game gta v kok black screen ya tapi kalo merekam bukan game gak black screen tolong solusinya gan

    BalasHapus
  19. gan . untuk setup microphone bawaan Pc caranya gimana . biar bisa buat ngerekam suara saat screen recording. thanks

    BalasHapus
  20. Gan kalau untuk ngerekam game macem gta kayak mana ya

    BalasHapus
  21. Gan mau tanya, kalo video yg daya rec dari camtasia, dan saya taro di youtube
    Audio yg terdengar jika dari PC / laptop itu jelas,
    Tp jika di lihat dari hp android semua jenis hp itu tdk bisa terdengar alis kaya kaset kusut suarany
    Itu knpa ya ??

    BalasHapus
  22. gan aku merekam game yang full screen kok gk bisa ya ?? gimana cara nya ni

    BalasHapus
  23. Bang, saya pake camtasia studio 7, saat record kok hasil audionya kaya robot ya? Jadi gak jelas banget,
    Padahal ktika saya record khusus audio di program lainnya tu bisa mulus,,
    Mhon solusinya

    BalasHapus
  24. gan saya ngerekam trus rekaman saya simpan kok gak bisa diputar kenapa ya?

    BalasHapus
  25. gan hasil rekaman saya audio nya tidak ada itu kenapa ya??

    BalasHapus
  26. Gan, numpang tanya, saya record dengan full screen, kenapa ya hasilnya jadi kepotong?

    BalasHapus
  27. punya saya buat merekam kok ga ada suara ya, settingan sdh benar, mohon infonya

    BalasHapus
  28. Mas, mohon maaf, bisa kah mengeditkan recording saya dari camtasia 2019 yang suara audionya gak singkron dengan aktivitas vidionya, karena buat tutorial desain grafis, jadi kan lucu kalau tutorial desain grafis tapi suaranya kalau gak singkron dengan jalannya aktivitas vidionya & hal begini terjadi disetiap saya recording, please

    BalasHapus